Permission Marketing Approach Is Required For B2C Site

E-Business Assignment

Question:

Explain why a permission marketing approach is required for B2C site

Answer:

Apa itu B2C?

Pengertian Business-to-Consumer adalah konsep bisnis dimana penjual berhubungan langsung dengan para pembelinya dan antara penjual dan pembeli belum tentu kenal dengan penjual.

Apa itu permission marketing?

Konsep permission marketing dicetuskan pertama kali oleh Seth Godin, seorang blogger ternama, penulis, speaker, sekaligus entrepreneur. Permission marketing adalah kegiatan promosi dengan kesadaran sendiri dari customer. Dari sumber di internet juga dikatakan bahwa Permission Marketing didefinisikan sebagai suatu teknik pemasaran yang memerlukan persetujuan dari customernya. Pengguna permission marketing biasanya adalah marketers yang menggunakan personal marketing. Pemission marketing ini untuk menggunakan sistem email, website atau pengisian form tertentu. Agar promo produk lebih efektif maka permission marketing merupakan metoda yang efektif untuk mencapai target marketnya. Sebagai contoh, permohonan izin untuk mengirimkan iklan kepada pelanggan yang menjanjikan. Sehingga orang yang kita kirimkan adalah benar-benar pelanggan yang membutuhkan atau tertarik pada produk yang kita jual.

Mengapa permission marketing sangat diperlukan bagi B2C?

1. Permission marketing memungkinkan kita menjalankan pemasaran secara lebih efisien dan efektif. Kita memanfaatkan sumber daya hanya kepada target pasar yang benar-benar tertarik pada produk/layanan kita. Mereka memberikan perhatian penuh pada kita, dan bersedia untuk meluangkan waktu untuk mempertimbangkan produk/layanan kita dalam keputusan pembelian.

2. Dengan menerapkan permission marketing, berarti kita memperlakukan orang lain dengan respect. Dan bukanlah suatu yang tidak mungkin jika kita memperoleh respect pula dari orang lain. Brand kita mungkin akan memperoleh reputasi sebagai brand yang beretika. Jika kita ingin menerapkan permission marketing ini, maka terdapat beberapa implikasi yang harus kita ikuti yaitu jangan mengirim SPAM dan kita harus menghargai mereka yang memilih untuk menolak penawaran kita.

Conclusion

Dengan adanya Permission Marketing maka menguntungkan bagi perusahaan dan juga customer. Dari sisi perusahaan, mereka bisa fokus memasarkan produk mereka kepada orang yang memang ingin mengetahui informasi dan membeli produk tersebut. Sehingga tentunya menjadi lebih efektif. Sedangkan dari sisi Customer, mereka akan dikirimi penawaran-penawaran sesuai keinginan mereka masing-masing. Jadi mereka tidak akan menerima informasi-informasi yang tidak mereka inginkan yang tentunya cukup mengganggu, yang mungkin akan membuat si penerima menjadi kesel dan sebel dengan perusahaan yang menawarkan produk tersebut (merusak brand image dari perusahaan itu sendiri).

Intinya dengan menerapkan permission marketing ini brand perusahaan kita akan jadi lebih baik.