Amazon.com

E-BUSINESS Individual Assignment

Chapter 1 and Chapter 2

Question:

For an organization you are familiar with, examine the alternative business and revenue models afforded by the Internet and assess the options for the type and location of e-commerce transitions.

Answer:

Amazon.com

Amazon.com adalah toko online yang menjual buku, film, permainan, DVD, CD musik, perangkat lunak komputer dan barang lain. Amazon.com merupakan toko online terbesar untuk saat ini. Didirikan pada Mei 1994 di Manhattan oleh Jeff Bezos, seorang pekerja di D.E. Shaw.

1. Revenue Model

Amazon.com adalah contoh dari perusahaan yang menggunakan diversified revenue model. Pada awalnya Amazon.com berdasarkan pada sales revenue model. Amazon.com saat ini juga sudah menggunakan advertising revenue model, dimana perusahaan bayar biaya iklan terhadap produk tertentu. Amazon.com sekarang ini juga sudah termasuk dalam subscription revenue model, dimana juga menjual majalah dengan pembayaran dimuka (magazine subscriptions). Amazon.com juga termasuk kedalam affiliate revenue model, dimana partner dari Amazon.com dan perusahaan membuat (produce) berbagai macam produk seperti elektronik dan pakaian, menciptakan penjualan dari produk dan menerima persentase dari penjualan produk tersebut. Amazon.com juga menggunakan pay-per-view access dimana jika kita tertarik dan meng-klik salah satu barang, Amazon secara otomatis akan men-charge ke perusahaan yang menjual barang tersebut dengan per hitungan per view. Pay-per view access ini berdasarkan pada seberapa banyak orang yang singgah dan melihat barang yang dijual dan biasanya one-time pay-per-view access ini berkisar dari beberapa cent sampai beberapa dollar.

2. The Major Type of Business

2.1. Business-to-Customer (B2C)

Business-to-Consumer (B2C), yaitu transaksi ritel dengan pembeli individual.

Amazon.com adalah contoh yang sangat baik untuk B2C dimana Amazon.com adalah retail site dengan menggunakan sales revenue model. Yaitu bagaimana Amazon.com juga mengijinkan perusahaan mengiklankan produk mereka dengan membayar produk-produk yang mereka mau iklan kan. Iklan ini menjadi pendapatan iklan untuk Amazon.com, membuat Amazon.com sebagai bagian dari sales revenue model dan juga bagian dari advertising revenue model. Dengan menggunakan subscription revenue model, perusahaan menyediakan servis kepada konsumennya untuk mendapatkan informasi seperti laporan konsumen (customer reports), surat kabar online (online newspaper), dan majalah online (online magazines). Dengan menggunakan sales revenue model, perusahaan membuat pendapatan dengan menjual produk, servis ataupun informasi kepada konsumennya. Sales revenue model yang digunakan oleh Amazon.com adalah click-and-clik retailers. Dimana click-and-click retailers adalah perusahaan-perusahaan yang menjual produk mereka lewat website. Amazon.com adalah contoh yang sangat baik dimana perusahaan itu dapat secara spesifik menjual produk mereka lewat internet. Contoh lainnya seperti Toys ‘R’ Us, dimana Toys ‘R’ Us membuat perjanjian dengan Amazon.com untuk menjual produk mereka lewat website Amazon.com.

2.2. Business-to-Business(B2B)

Business-to-Business (B2B), meliputi transaksi IOS (Inter Organizational System) dan transaksi pasar elektronik (electronic market transactions) antar organisasi. Tipe-tipe IOS antara lain berupa EDI, extranets, electronic funds transfer, electronic forms, integrated messaging, shared databases, dan supply chain management. Hingga saat ini tipe B2B adalah yang paling dominan dalam praktek e-business.

Pada pertengahan tahun 1990an, teknologi website berkembang menjadi B2B commerce. Dimana banyak perusahaan membuat B2B website commerce mereka. B2B website tidak untuk umum (public), tidak seperti B2C website. Tetapi B2B adalah website yang tersedia (available) untuk pathner bisnis, supplier, juga perusahaan. Karena website ini membantu industri-industri dalam menekan biaya (reduce cost) dalam mengatur pesanan mereka dan juga menggunakan lebih sedikit karyawan dalam menangani konsumen mereka.


Pada Amazon.com saat ini

Rekomendasi

1.Revenue Model

Menggunakan diversified revenue model seperti :

1.dahulu menggunakan:

- sales revenue model

2.sekarang menggunakan:

-advertising revenue model

-subscription revenue model

-affiliate revenue model

-pay-per-view access

-adanya cicilan dari kartu kredit tertentu

Misalnya :

Bagi pemegang kartu kredit MASTER atau VISA dapat mencicil dengan bunga yang disepakati.

-adanya promo atau diskon dari kartu kredit tertentu.

2.The Major Types

of E-Business

- B2C

- B2B

- C2C

Dimana Amazon.com menyediakan juga bagi costumer yang menjual barang dapat dipasang dalam websitenya seperti handycraft, dll.

3.Market Place position

- Reseller


4.Types of Sell-Side

E-commerce

- Transactional e-commerce site


5.Commercial model

- Iklan and commision


6.Commercial

Agreements

- Pure market

- Fixed price

-diadakan promo jika ada event khusus dan diskon tertentu, sehingga harganya tidak selalu fixed price.

7.Location

Neutral


Source:

Definition of Amazon.com => id.wikipedia.org/wiki/Amazon.com